Langsung ke konten utama

Melakukan Sesuatu Karena Itu Bermanfaat

Give (image-source: www.ncadd.org)


Ada banyak hal yang aku suka di dunia ini. Terkadang aku bingung lantaran ingin melakukan ini-itu dan mendulang kesuksesan. Tapi, aku selalu ingat kalau hidup ini tak akan bertahan lama. Maka pikiran-pikiran di benakku adalah bagaimana menemukan arti hidup ini.

Pernahkah kamu tergiur untuk melakukan sesuatu karena profitnya yang luar biasa? Atau apakah kamu mempelajari sesuatu demi sebuah pekerjaan yang prospeknya bagus? Sejujurnya, itu wajar. Manusia punya kecenderungan meraup sebanyak mungkin kesenangan dunia tanpa merasa cukup. Namun jika kita lebih visioner, maka kita akan menemukan sebuah titik kejenuhan dengan sekadar bekerja dan mendapat uang. Sekedar makan dan buang air. Lalu apa?

Kita perlu untuk segera mengubah pola pikir kita dan mulai bertindak demi dasar yang lebih mulia. Meskipun aku tau aku tak bisa menghentikanmu jika kau bermaksud mencuri, menggunakan produk ilegal, menonton blue film ataupun melakukan hal-hal terburuk yang bisa kau bayangkan. Kau hanya akan berhenti jika kau berfikir akan hari kemudian. Kau hanya akan berhenti jika kau berfikir tentang keadilan. Apapun bentuknya. Dan itulah yang harus kita tanamkan dalam kepala kita untuk menjadi mata air yang luas manfaatnya.

Kamukah itu penulis blog?
Kamukah itu penulis buku?
Kamukah itu pembuat lagu?
Kamukah itu pejabat kota?

Tak masalah siapapun kita. Jangan terfokus dengan apa yang akan kita dapat. Siapa yang tau bagaimana akhirnya? Tapi percayalah, mari kita lakukan sesuatu sebaik mungkin. Tak salah jika kita menggunakan impian kita akan kekayaan sebagai sebuah motivasi. Tapi saat kita hanya terpaku pada hal itu, hasil kerjamu tak akan berakhir baik.

Yang paling parah adalah, 'Kita akan merasa kecewa!'

Tentu saja, karena seseorang akan berharap terlalu tinggi dan hanya mendapat hasil dibawah ekspektasinya. Semisal orang yang berharap dapat balasan surat cinta dari si dia, tapi hanya mendapat senyuman, 'Hai, Sob!' 

Hal ini akan berbeda jika kita sudah mengarahkan mindset kita kepada sesuatu yang lain. "Menjadi Bermanfaat!" Kita akan senantiasa menjadi orang hebat tak peduli seberapa sedikitpun uang yang kita dapat. Kita akan selalu merasa terhormat apapun yang kita lakukan. Hal itulah yang mahal dan tak ada duanya. Perasaan banggamu pada diri sendiri.

Sejujurnya, aku pernah merenung dan bertanya-tanya, "Mengapa aku tak pernnah bisa membuat blog yang bagus dan menghasilkan?" aku menemukan sebuah jawaban. Semua itu karena sebelumnya aku hanya menulis untuk menjadi seseorang yang trendy. Aku pernah merasa bahwa aku haru segera menulis agar segera dapat uang. Namun, aku tak dapat apa-apa selain rasa kesal. My Bingo!

Hari ini, aku juga ingin memberikan inspirasi pada kalian bahwa mengerjakan suatu hal mulia demi profit semata tidaklah benar. Mengawali niat menulismu dengan uang akan memperburuk tulisanmu. Mulailah dari menjadi bermanfaaat.

"Jangan tinggalkan sesuatu yang bermanfaan karena kamu lelah melakukannya tanpa imbalan tinggi. Justru, lakukanlah karena itu bermanfaat!"

  Aku tak bisa lagi berkata banyak. Karena untuk berubah, dimulai dari diri sendiri.


Reja Marjana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesetaraan Peran Laki-laki dan Perempuan dalam Kehidupan Bermasyarakat

image sorce : http://fee.org/ /*Tulisan ini dibuat dalam rangka tugas mata kuliah Bahasa Indonesia*/ /*Pendidikan Fisiska Universitas Pendidikan Indonesia 2017*/ /*Reja Marjana 1705580*/ Perempuan sebagai bagian dari masyarakat acap kali dipandang dengan cara yang berbeda. Dalam rentang sejarah, bangsa Mesir Kuno memandang perempuan sebagai sosok agung dan harus dipuja-puja. Di sisi lain bangsa

Kenapa Hidup Tak Seindah Cerita di Film dan Novel?

Apa tujuan hidup kita? Seringkali orang mencari motivasi hidup hingga membayar jutaan rupiah. Namun, yang terpenting adalah mengetahui tujuan hidup kita. Ya! Sesederhana itu. Mengapa demikian? Memiliki prinsip dan menentukan goal merupakan faktur utama kenapa kita melakukan sesuatu dan kenapa kita tidak melakukan sesuatu.   Manusia tanpa tujuan tak ubahnya seonggok daging dan tulang, hidup mengikuti arus orang lain. Terlepas dari pro dan kontra, aku akan memberikan sedikit illustasi mengenai bagaimana tujuan hidup bekerja mengubah cara pandang seseorang. Mari izinkan kita bertanya pada diri kita sendiri. Pernahkah kita menoton film, atau membaca novel lalu membayangkan betapa serunya dunia di dalam sana?! Hal itu normal terjadi. Bahkan ketika melihat betapa melelahkan betapa menyulitkan kehidupan di sana, dikejar moster, terus bertempur dengan musuh, punya rival super picik, diselingkuhi pacar *eh, hingga berjalan dari Shire ke Lonely Mountain seperti Bilbo baggins (xi

E-learning dengan Zenius.net

illustrasi : zenius.net Electronic Learning again. Yep! Ternyata di masa seperti ini, sulit rasanya tidak mendengar istilah tersebut. Dan seiring peningkatan popularitas gaya belajar seperti ini, makin banyak pula platform yang menawarkan pengalaman E-learning dengan beragam keunggulan. Terkadang keberagaman seperti demikian membuat kita bingung menentukan pilihan. So this is my litle review about : Zenius.net . Sebagai info untuk para pembaca sekalian, bahwa Januari ini Zenius mengadakan sebuah kontes menulis dengan tema Review Produk Zenius. Dan kebetulan sekali, kali ini aku memang bermaksud menulis review produk e-learning sebagai referensi untuk para pembaca sekalian. Apasih Zenius itu? PT Zenius Education didirikan oleh Sabda PS dan Medy Suharta pada 7 Juli 2007. Zenius Education menyediakan layanan akses pendidikan dalam format video berbahasa Indonesia yang disajikan baik secara online melalui website (zenius.net), maupun secara offline dengan media CD