Langsung ke konten utama

Tips & Trick: Write About Everything Everywhere

I'am write! (image-source: www.pixabay.com)

Beberapa cara mudah untuk selalu sedia menulis kapanpun dimanapun


  • Miliki buku catatan kecil yang muat disaku celanamu, ataupun di saku tasmu. Catatan kecil selalu mudah dijangkau dan kompatibel dengan tempat dan kondisi apapun.
  • Jika kamu belum punya buku catatan kecil ataupun belum menemukannya di toko kelontong di dekat rumahmu, cobalah membawa beberapa lembar kertas kemanapun kamu pergi.
  • Miliki aplikasi catatan yang sesuai di HP-mu. Biasanya, setiap HP punya aplikasi catatan bawaan. Jika kamu merasa aplikasi itu kurang memadai ataupun tidak efektif dipakai, unduh aplikasi catatan yang tersebar gratis di play store dan sejenisnya. Aku sendiri merekomendasikan menggunakan One Note ataupun Evernote sebagai aplikasi catatan kamu.
  • Simpan pintasan ke aplikasi catatan di layar awal yang bisa kamu jangkau dengan mudah. Nah, pasti akan lebih nudah ketika kamu membutuhkannya.

Maksimalkan manfaat gagasanmu dengan membagikannya di berbagai media.


Selain koran dan majalah, ada tempat mudah untuk mempublish tulisan kita, yakni dunia maya. Berikut beberapa media yang paling potensial untuk share tulisanmu :
  • Blog Pribadimu. Bisa berupa platform blogspot, wordpress, ataupun menyewa hosting dan domain sendiri. Semuanya oke dan efektif. Apalagi jika kamu rajin melakukan update di blogmu.
  • Facebook. Medsos yang satu ini memang paling beken diantara abege dan kalangan lainnya. Meskipun sudah banyak yang bermigrasi ke instagram, bbm, twitter dan lain sebagainya, menurutku Facebook tetep eksis dan potensial banget untuk posting tulisan kamu secara instan dan mendulang banyak feedback.
  • Wattpad. Disinilah biasanya para penulis fiksi saling memposting cerita mereka dan mendapat followers, feedback serta pengalaman menarik lainnya. Aku sendiri mulai membuka akun di wattpad semenjak 2012 dan sering kali menemukan cerita menarik. Nah kitapun bisa mengepos cerita kita sendiri untuk dibaca orang lain.
  • Kaskus. Inilah yang paling kece untuk para gan/sis kaskuser yang tersayang. The Largest Indonesian Forum ini adalah lahan baru dengan fasilitas segudang. Mengepos tulisan adalah salah satu yang paling utama. Kaskus bisa jadi media potensian untuk membuat tulisanmu dibaca banyak orang, mendapatkan respon dan dinilai banyak orang. Praktis dan efektif.

Nah, Para Pembaca yang budiam! Sekian dulu tips dan trik dariku. sampai jumpa di entri berikutnya.

Salam sayang,
RJ Marjan, Si penggagas angan dan harapan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesetaraan Peran Laki-laki dan Perempuan dalam Kehidupan Bermasyarakat

image sorce : http://fee.org/ /*Tulisan ini dibuat dalam rangka tugas mata kuliah Bahasa Indonesia*/ /*Pendidikan Fisiska Universitas Pendidikan Indonesia 2017*/ /*Reja Marjana 1705580*/ Perempuan sebagai bagian dari masyarakat acap kali dipandang dengan cara yang berbeda. Dalam rentang sejarah, bangsa Mesir Kuno memandang perempuan sebagai sosok agung dan harus dipuja-puja. Di sisi lain bangsa

Kenapa Hidup Tak Seindah Cerita di Film dan Novel?

Apa tujuan hidup kita? Seringkali orang mencari motivasi hidup hingga membayar jutaan rupiah. Namun, yang terpenting adalah mengetahui tujuan hidup kita. Ya! Sesederhana itu. Mengapa demikian? Memiliki prinsip dan menentukan goal merupakan faktur utama kenapa kita melakukan sesuatu dan kenapa kita tidak melakukan sesuatu.   Manusia tanpa tujuan tak ubahnya seonggok daging dan tulang, hidup mengikuti arus orang lain. Terlepas dari pro dan kontra, aku akan memberikan sedikit illustasi mengenai bagaimana tujuan hidup bekerja mengubah cara pandang seseorang. Mari izinkan kita bertanya pada diri kita sendiri. Pernahkah kita menoton film, atau membaca novel lalu membayangkan betapa serunya dunia di dalam sana?! Hal itu normal terjadi. Bahkan ketika melihat betapa melelahkan betapa menyulitkan kehidupan di sana, dikejar moster, terus bertempur dengan musuh, punya rival super picik, diselingkuhi pacar *eh, hingga berjalan dari Shire ke Lonely Mountain seperti Bilbo baggins (xi

E-learning dengan Zenius.net

illustrasi : zenius.net Electronic Learning again. Yep! Ternyata di masa seperti ini, sulit rasanya tidak mendengar istilah tersebut. Dan seiring peningkatan popularitas gaya belajar seperti ini, makin banyak pula platform yang menawarkan pengalaman E-learning dengan beragam keunggulan. Terkadang keberagaman seperti demikian membuat kita bingung menentukan pilihan. So this is my litle review about : Zenius.net . Sebagai info untuk para pembaca sekalian, bahwa Januari ini Zenius mengadakan sebuah kontes menulis dengan tema Review Produk Zenius. Dan kebetulan sekali, kali ini aku memang bermaksud menulis review produk e-learning sebagai referensi untuk para pembaca sekalian. Apasih Zenius itu? PT Zenius Education didirikan oleh Sabda PS dan Medy Suharta pada 7 Juli 2007. Zenius Education menyediakan layanan akses pendidikan dalam format video berbahasa Indonesia yang disajikan baik secara online melalui website (zenius.net), maupun secara offline dengan media CD